Apa Itu Bawang Hitam (Black garlic) ?

Pages

Apa Itu Bawang Hitam (Black garlic) ?

Black garlic atau yang lebih dikenal dengan sebutan bawang hitam merupakan bawang putih segar yang dipanaskan pada suhu dan kelembaban yang tinggi dalam waktu tertentu (biasanya sekitar 2-4 minggu).

Proses bawang hitam

Proses ini dapat menyebabkan reaksi pencoklatan non enzimatis, seperti reaksi maillard, oksidasi kimia fenol, dan karamelisasi.

Reaksi inilah yang mengakibatkan bawang putih menjadi berwarna coklat kehitaman, merubah rasa bawang putih menjadi manis, merubah teksturnya menjadi kenyal seperti jelly, serta terbentuknya beberapa senyawa antioksidan (Zhang et al., 2016).


Bawang hitam pertama kali populer di Jepang pada tahun 2006 setelah hasil penelitian Jiniti Sasaki, seorang professor dari Universitas Hirosaki, menunjukkan bahwa bawang hitam memiliki manfaat bagi kesehatan.

Manfaat bawang hitam

Jiniti Sasaki menyebutkan bahwa bawang hitam dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker pada tikus, akan tetapi ketika penelitian yang sama dilakukan pada bawang putih tidak memberikan efek sebaik bawang hitam.

Sejak potensi antitumor bawang hitam diperkenalkan melalui koran pada tahun 2006 dan dipublikasi pada tahun 2007, banyak peneliti dan masyarakat umum tertarik dengan manfaat dari bawang hitam (Sasaki, 2015).

Sasaki (2015) dalam artikelnya yang berjudul Overview of the Black Garlic Movement in the Fields of Research and Marketing

Referensi artikel
  • Zhang X, Li N, Lu X, Liu P, Qiao X. 2016. Effects of temperature on the quality of black garlic. J Sci Food Agric, 96(7):2366-72.
  • Sasaki JI. 2015. Overview of the Black Garlic Movement in the Fields of Research and Marketing. Journal of Life Sciences, 9: 65-74.

Kami menjual produk bawang hitam kualitas terbaik yang akan memberikan manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Nah tunggu apalagi segera dapatkan manfaat bawang hitam dengan membeli produk terbaiknya bersama kami. Hubungi kami untuk pemesanan lebih lanjut atau kunjungi www.bahiko.com.


Order Sekarang Juga - Premium Black Garlic

No comments :

Post a Comment