Manfaat Black Garlic Untuk Diet

Pages

Manfaat Black Garlic Untuk Diet

Manfaat black garlic untuk diet ternyata sangat terkenal dan digunakan oleh berbagai kalangan yang ingin menurunkan berat badan. Anda yang memiliki berat badan kurang ideal, Anda bisa menggunakan black garlic untuk menurunkan berat badan Anda. Bawang hasil fermentasi ini terbukti cocok digunakan untuk diet. Seperti apakah manfaat lebih jauh dari black garlic ini?

Bawang hitam

Apa itu Black Garlic?

Black garlic adalah jenis bawang putih tua yang mulai menghitam dan warna hitam ini disebabkan oleh reaksi Maillard atau reaksi pencoklatan non enzimatis. Bawang jenis ini pertama-tama dipakai sebagai bumbu masakan Asia. 

Black garlic sebenarnya dari seluruh umbi bawang putih (Allium sativum) dipanaskan selama beberapa minggu, suatu proses yang menghasilkan cengkeh hitam. Rasanya manis dan hampir mirip dengan cuka balsamic atau asam. 

Popularitas black garlic di Asia ini kemudian menyebar ke Amerika Serikat dan menjadi bahan yang dicari dalam masakan kelas atas. Di Korea, black garlic dikembangkan sebagai produk kesehatan. Kadang-kadang black garlic juga ditambahkan ke minuman energi. Sementara black garlic di negara Thailand diklaim mampu meningkatkan umur panjang siapa saja yang memakannya. 

Adapun black garlic sendiri disimpan pada kondisi khusus panas dan lembab. Bawang  disimpan dalam lingkungan dengan kelembaban pada suhu yang berkisar dari 60 hingga 77 ° C (140 hingga 170 °F) selama 60 hingga 90 hari. 

Tidak ada zat aditif, pengawet, atau pembakaran jenis apa pun. Enzim yang memberi bawang putih berbau segar ketajamannya rusak. Kondisi-kondisi tersebut dianggap memfasilitasi reaksi Maillard, proses kimia yang menghasilkan senyawa rasa baru yang bertanggung jawab atas rasa dalam daging yang terbakar dan bawang goreng. Bawang kemudian menjadi hitam dan mengembangkan tekstur lengket seperti kurma.

Manfaat Black Garlic Untuk Diet

Ketika bawang putih berubah menjadi black garlic, allicin, komponen yang memberi bau segar pada bawang putih, diubah menjadi berbagai senyawa antioksidan sehingga black garlic memiliki berbagai antioksidan di antaranya adalah :

Senyawa Amadori / Heyns

Zat ini terbentuk selama reaksi Maillard. Senyawa Amadori / Heyns adalah antioksidan kuat, dan dibandingkan dengan bawang putih segar, black garlic memiliki hingga 40 hingga 100 kali lebih banyak dari senyawa ini.

Hydroxymethylfurfural 

Zat ini adalah antioksidan yang juga memiliki beberapa efek anti-inflamasi. Dibandingkan dengan bawang putih putih, black garlic memiliki jumlah komponen bermanfaat yang lebih tinggi, karena 5-HMF dibuat di bawah panas yang sangat tinggi.

Senyawa organosulfur Diallyl sulfide, diallyl disulfide, diallyl trisulfide, dan diallyl tetrasulfide.

Piruvat

Piruvat adalah antioksidan kunci dan molekul anti-inflamasi dari black garlic. Zat ini mengurangi oksida nitrat dan prostaglandin E2, yang keduanya memperpanjang dan mengintensifkan peradangan 

S-allylcysteine

Tetrahydro-β-carbolines

N-fructosyl glutamate

N-fructosyl arginine

Allixin

Selenium

Alkaloid, polifenol, dan flavonoid lainnya

Black  garlic juga mengandung nitrogen oksida, yang memiliki efek antivirus dan antitumor yang kuat. Black  garlic juga mengandung 2-linoleoyl-gliserol, molekul anti-inflamasi. Zat tersebut menurunkan kadar prostaglandin E2 dan sitokin, yang merupakan promotor utama dan sinyal dari respon inflamasi. 

Zat tersebut memperpanjang dan meningkatkan kematian sel, pembengkakan, dan gejala tidak nyaman dari alergi, infeksi, atau penyakit lainnya. Black  garlic secara signifikan juga menurunkan berat badan, lemak perut, dan ukuran sel lemak (adiposit). Black  garlic menurunkan trigliserida dan kadar kolesterol LDL (buruk) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik).

Begitu dahsyatnya bukan manfaat black garlic untuk diet? Jika Anda ingin mencari black garlic, pesan saja di www.bahiko.com


Order Sekarang Juga - Premium Black Garlic

No comments :

Post a Comment