Cara Membuat dan Kandungan Nutrisi Bawang Hitam Tunggal Yang Belum Banyak Diketahui

Pages

Cara Membuat dan Kandungan Nutrisi Bawang Hitam Tunggal Yang Belum Banyak Diketahui

Kandungan  nutrisi bawang hitam tunggal sangat beragam dan bermanfaat bagi kesehatan manusia. Namun sayangnya, bawang hitam belum dijual bebas dipasaran sehingga belum banyak dikenal oleh masyarakat. mengingat hal tersebut anda bisa membuat bawang hitam tunggal sendiri untuk mendapatkan berbagai khasiat tersebut.

Pada dasarnya bawang hitam tunggal merupakan bawang putih yang telah melewati proses pengawetan. Dalam proses pengawetan tersebut dilakukan dengan memanfaatkan  reaksi Maillard. Untuk proses pengawetan ini terjadi selama minimal 40 hari dengan suhu 60 hingga 80 derajat celcius dan kelembaban 70-90%.

Bawang hitam
Setelah melewati proses tersebut, bawang putih akan berubah warna menjadi hitam serta mengubah beberapa unsur kimia yang ada didalamnya. Selain itu, aroma bawang hitam lebih tidak berbau menyengat dan rasanya menjadi sedikit manis. Tekstur bawang hitam tunggal juga kenyal dan lembut dibandingkan dengan bawang putih sebelumnya.

Kandungan Zat Gizi Bawang Hitam Tunggal

Meskipun sudah melewati reaksi Maillard, Sebenarnya kandungan nutrisi bawang hitam tunggal tidak jauh berbeda dengan bawang putih. Namun sedikit banyak reaksi tersebut telah mengubah bentuk zat tertentu sehingga terdapat beberapa zat gizi yang meningkat dan ada pula yang menurun.

Bawang hitam tunggal mengandung berbagai antioksidan karena kandungan allicin pada bawang putih sebelumnya telah berubah menjadi berbagai senyawa antioksidan. Beberapa antioksidan yang terbentuk diantaranya adalah piruvat, amadori, organosulfur, dan hidroksimetilfurfural. Dibandingkan dengan bawang putih, bawang hitam mengandung berbagai antioksidan tersebut dengan jumlah yang lebih tinggi.

Selain itu, kandungan lain yang dihasilkan dari reaksi Maillard adalah meningkatkan beberapa senyawa seperti isoleusin, fenilalanin, leusin, flavonoid, dan polifenol. Namun berbanding terbalik dengan berbagai kandungan tersebut, kandungan tirosin, fruktan, tirosin dalam bawang hitam lebih rendah dibandingkan dengan bawang  putih.

Manfaat Bawang Hitam Tunggal  Bagi Kesehatan

Meredakan Peradangan

Bawang hitam mengandung antioksidan an beberapa zat lain yang memiliki sifat anti inflamasi. Zat-zat tersebut dapat mencegah terlepasnya sitokin, yang mana zat tersebut akan merangsang respon terhadap inflamasi. Sitokin yang mampu tercegah dari pelepasannya dapat mencegah stimulasi respon inflamasi.

Selain itu, bawang hitam berkhasiat untuk menurunkan kadar sitokin sehingga mengurangi inflamasi. Dengan begitu, untuk mengatasi radang sendi, radang, dan nyeri otot dapat diredakan dengan banyak mengkonsumsi bawang hitam.

Selain itu, khasiat bawang hitam juga dapat  menurunkan kadar sitokin yang mengurangi faktor risiko inflamasi.  Berbagai macam  peradangan seperti radang sendi, nyeri otot, dan radang lainnya bisa diredakan dengan mengkonsumsi bawang hitam.

Menjaga kesehatan hati

Hati merupakan organ penting yang berperan penting terhadap pembuangan racun sehingga harus terjaga harus terjaga kesehatannya. Kandungan zat-zat dalam bawang hitam dapat menurunkan kerusakan hati serta meningkatkan metabolisme hati. Selain itu, bawang hitam juga dapat menurunkan kadar lemak dari tubuh.

Manfaat bawang hitam bisa menjaga kesehatan hati karena  kandungan di dalam bawang hitam dapat  meningkatkan metabolisme hati. Khasiat lain bawang hitam bagi hati adalah menurunkan kadar lemak sehingga meningkatkan kesehatan hati itu sendiri.

Melindungi sel-sel otak

Selain hati, organ paling penting dalam tubuh manusia adalah otak. Kerusakan otak dapat terjadi sebab sering mengkonsumsi MSG atau penyedap rasa. Sedangkan MSG hampir ada dalam setiap makanan sehingga untuk menghindari juga masih sulit. Untuk meminimalisir hal tersebut, dapat ditanggulangi dengan mengkonsumsi bawang hitam. Bawang hitam dapat melindungi sel-sel otak dari berbagai kerusakan yang diakibatkan oleh MSG.

Kandungan nutrisi bawang hitam tunggal memang sangat beragam, sehingga memberikan berbagai manfaat pula untuk kesehatan. Untuk mendapatkan bawang tersebut, anda bisa melakukan pembelian di tempat kami.

Kami menyediakan bawang hitam berbagai kemasan dengan kualitas yang terjamin. Bawang hitam yang kami produksi telah melewati proses fermentasi yang lama sehingga menghasilkan bawang hitam yang tidak berbatu, bertekstur lembut dan kenyal.


Order Sekarang Juga - Premium Black Garlic

No comments :

Post a Comment