Apa itu Bawang Hitam Sebenarnya?

Pages

Apa itu Bawang Hitam Sebenarnya?

Apa itu bawang hitam? tentu menjadi pertanyaan yang banyak diutarakan mereka yang belum mengenalnya. Bentuk pertanyaan ini muncul Karena rasa penasaran sekaligus untuk mengkaji lebih banyak lagi manfaat yang terkandung di dalamnya.

Mengetahui secara pasti mengenai bawang hitam, tentu akan membuat pengetahuan tentang khasiat alami tumbuhan lokal semakin berkembang. Bukan aja obat kimia yang bisa memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang ada di tubuh manusia, tetapi juga pengobatan pengobatan alami seperti bawang hitam ini.

Bawang hitam kating


Mengenal Bawang Hitam (Black Garlic)

Perlu diketahui bahwa black garlic atau bawang hitam bukanlah varietas tanaman bawang yang baru. Bawang hitam merupakan  hasil olahan dari bawang putih yang telah melalui berbagai proses sehingga warnanya menjadi hitam. Perubahan warna ini juga diikuti dengan perubahan dan susunan kimia yang ada di dalamnya. Hal inilah yang diklaim mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. 

Cara Membuat Bawang Hitam

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa yang hitam bukanlah jenis tumbuhan baru melainkan bawang putih yang telah melalui proses sehingga warnanya menjadi hitam. Cara membuat bawang hitam ini dilakukan penyimpanan ya utuh. Penyimpanan ini dilakukan terhadap bawang putih yang masih memiliki kulit.

Ada aturan-aturan terhadap kelembaban dan juga suhu penyimpanannya. Yang diperlukan untuk membuat bawang hitam ini ialah suhu pada rentang 60 sampai 70 derajat celcius. Sedangkan untuk tingkat kelembaban nya ada pada kisaran 70% hingga 90%.

Lama yang dibutuhkan ialah 10 hingga 40 hari. Dengan rentang waktu yang demikianlah berbagai proses susunan kimia di dalam bawang terjadi. Hal ini akan diikuti dengan perubahan warna yang ditunjukkan oleh bawang. Bawang hitam yang sudah melalui proses penyimpanan dengan indikator kelembaban suhu dan lama penyimpanan tadi akan bertekstur lebih kenyal dan lembut, aromanya menjadi tidak sekuat awalnya dan rasanya menjadi lebih manis.

Perlu dicatat bahwa selama berlangsungnya proses penyimpanan ataupun fermentasi tidak boleh ditambahkan bahan-bahan lain. Jika ada bahan lain yang ditambahkan maka kemungkinan hasilnya akan berbeda dengan yang diharapkan. Hasil dari fermentasi inilah yang nantinya akan memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh.

Kandungan Gizi Bawang Hitam

Apa itu bawang hitam tentu juga bisa diketahui dari kandungan yang ada di dalamnya. Mengetahui tentang Bawang hitam tentu tidak lengkap jika tidak mengetahui kandungan gizi yang ada didalamnya. Dasarnya bau hitam ini mempunyai kandungan gizi yang sama dengan bawang putih. Namun dengan reaksi milad yang terjadi selama proses penyimpanan ubah berbagai susunan kimia sehingga terbentuk zat baru.

Hitam akan mengandung lebih banyak antioksidan dikarenakan kandungan allicin yang ada pada bawang putih telah berubah menjadi senyawa antioksidan. Senyawa-senyawa tersebut seperti piruvat, organosulfur amadori, dan hidroksimetilfurfural. Keseluruhannya tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain senyawa antioksidan yang didapatkan, reaksi mailard juga membuat meningkatnya berbagai senyawa dalam bawang hitam seperti isoleusin, flavonoid, leusin fenilalanin dan juga polifenol. Tidak hanya itu, bawang hitam juga memiliki kandungan fruktosa glutamat, arginin, selenium, gliserol, linoleoilgliserol dan nitrogen oksida.

Setelah mengenal apa itu bawang hitam dan melihat kandungannya yang begitu banyak dan berkhasiat, maka mengkonsumsi bawang hitam bisa menjadi solusi untuk memelihara kesehatan. Tetapi yang paling penting adalah menemukan bawang hitam dengan kualitas terbaik. Untuk itu anda tidak perlu repot lagi. Kami hadir dengan produk bawang hitam terbaik pastinya akan memberikan manfaat maksimal bagi tubuh.

Diproses dengan cara sempurna sehingga menghasilkan produk terbaik, kami menjamin bahwa kandungan yang ada di dalam bawang hitam yang kami tawarkan tetap terjaga. Nah tunggu apalagi, segera hubungi kami untuk pemesanan lebih lanjut atau kunjungi www.bahiko.com.


Order Sekarang Juga - Premium Black Garlic

No comments :

Post a Comment