Apa Khasiat Black Garlic yang Sebenarnya?

Pages

Apa Khasiat Black Garlic yang Sebenarnya?

Khasiat black garlic ternyata sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia. Pada pandangan pertama, Anda mungkin heran melihat black garlic. Bawang satu ini mungkin terlihat terlalu lama, dan tidak seperti bentuk bawang putih yang biasa. Namun sebenarnya bawang hitam satu ini selalu digunakan  dalam masakan Asia dan mulai populer di negara bagian Asia.

Bawang hitam

Setelah dianggap sebagai bahan rahasia yang hanya ditemukan di rak-rak pasar khusus dan pada menu restoran kelas atas, black garlic baru-baru ini menjadi favorit para pecinta kuliner yang ingin menambah rasa dan kandungan gizi makanan mereka. Apa sajakah manfaat black garlic untuk masakan Anda dan juga untuk kesehatan?

Manfaat Black Garlic untuk Masakan

Black garlic adalah bahan unik yang terbuat dari Allium sativum, atau bawang putih biasa. Bawang berwarna hitam ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan hingga melindungi kesehatan jantung dan banyak lagi.

Namun, ada banyak perbedaan antara  bawang putih dan black garlic di mana black garlic memiliki konsentrasi antioksidan yang lebih tinggi dan tekstur, rasa, dan aroma yang berbeda.

Black Garlic menciptakan rasa yang unik dan menyenangkan. Bawang jenis ini marak digunakan sebagai bumbu dibalik hidangan untuk pesta makan malam karena menciptakan rasa yang enak dan lezat.

Khasiat Black Garlic untuk Kesehatan

Ada beberapa khasiat yang dihasilkan oleh black garlic dan baik untuk kesehatan diantaranya adalah :

1. Kaya dengan Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang dapat memiliki efek kuat pada kesehatan. Antioksidan bekerja dengan menetralkan radikal bebas berbahaya untuk mencegah stres oksidatif dan kerusakan sel. Black garlic menunjukkan aktivitas biologis yang jauh lebih tinggi daripada bawang putih segar, termasuk sifat antioksidannya.

Bahkan di Korea Selatan, masyarakatnya membiarkan bawang putih menua selama 35 hari untuk membentuk black garlic. Fermentasi ini menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam kandungan antioksidan, mencapai kadar antioksidan puncak pada hari ke 21 penuaan.

Selama proses penuaan, allicin dalam bawang putih diubah menjadi senyawa antioksidan, termasuk alkaloid dan bioflavonoid. Antioksidan yang muncul memiliki kemampuan untuk mengatur mengurangi peradangan. Plus, black garlic memiliki aktivitas neuroprotektif, antitrombogenik, antidiabetes, dan antikanker.

2. Membantu Memerangi Pertumbuhan Kanker

Sebuah studi in vitro mengungkapkan bahwa bawang putih yang sudah berumur dapat membunuh sel-sel kanker yang ada di usus besar manusia secara efektif. Demikian pula, studi in vitro lainnya juga melaporkan bahwa ekstrak bawang putih yang sudah tua menurunkan pertumbuhan dan penyebaran sel-sel leukemia.

Para peneliti percaya bahwa efek anti kanker dari black garlic berasal dari senyawa antioksidannya. Senyawa fenolik, khususnya, secara signifikan lebih tinggi pada black garlic daripada bawang putih mentah.

Komponen black garlic telah dikaitkan dengan pengurangan penanda tumor dan membantu memblokir penumpukan radikal bebas untuk menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker dalam tubuh.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat bawang putih yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk melindungi dan meningkatkan kesehatan jantung Anda. Nah, black garlic juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Black  garlic mengobati kerusakan yang disebabkan oleh iskemia, atau kurangnya pasokan darah ke otot-otot jantung.

Menariknya, bawang putih mentah dan black garlic menunjukkan efek kardioprotektif dan sama-sama efektif dalam meminimalkan kerusakan pada jantung. Black garlic juga dikenal mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida tinggi untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Wah, begitu besar sekali bukan khasiat black garlic untuk kesehatan? Untuk Anda yang bingung mencari black garlic di mana, kunjungi saja www.bahiko.com untuk mendapatkan black garlic yang berkualitas.


Order Sekarang Juga - Premium Black Garlic

No comments :

Post a Comment