Cara Membuat Black Garlic Dengan Benar

Pages

Cara Membuat Black Garlic Dengan Benar

Bagaimana cara membuat black garlic dengan benar? Seperti yang diketahui back garlic atau bawang hitam merupakan salah satu jenis obat herbal yang dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Sehingga tidak heran jika bawang ini banyak diburu oleh beberapa orang yang membutuhkannya untuk mengobati penyakit.

Perlu diketahui saat ini salah satu masalah yang dihadapi oleh para pecinta black garlic ini yaitu harganya yang masih mahal sehingga membuat mereka harus mengumpulkan uang dulu agar bisa membelinya.

Bawang hitam

Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya black garlic ini bisa dibuat sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Untuk meminimalisir pengeluaran Anda, maka disarankan untuk membuat black garlic sendiri. Tentu saja dengan menggunakan cara-cara yang benar agar khasiat yang terkandung di dalam bawang jenis ini tidak hilang. Langsung saja berikut akan disajikan beberapa cara membuat bawang hitam atau black garlic dengan benar, yaitu:

Cara Membuat Black Garlic dengan Rice Cooker

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat black garlic dengan mudah salah satunya adalah dengan menggunakan rice cooker. Jika Anda tertarik menggunakan cara yang satu ini maka beberapa perlengkapan yang perlu dipersiapkan yaitu 250 gram bawang putih kating atau tunggal segar, rice cooker dan lilin aroma terapi yang berfungsi untuk menghilangkan aroma dari bawang putih tersebut. Nah untuk cara membuat black garlic, simak beberapa langkah di bawah ini:

  1. Tempatkan rice cooker yang digunakan dekat dengan ventilasi udara/jendela
  2. Jika Anda menggunakan bawang putih pada umumnya, maka Anda perlu mengupasnya sampai kulit terluar atau sampai terlihat batas antara bawang putih. Sebaiknya untuk tetap menyisakan kulitnya agar tidak terlalu gosong.
  3. Selanjutnya tata bawang secara tunggal dan tutup menggunakan tisu dapur kemudian tata kembali seperti langkah sebelumnya.
  4. Jika sudah, tutup rice cooker dan biarkan dalam keadaan warm kurang lebih sekitar 40-90 hari. Jangan lupa untuk selalu mengeceknya sekitar 5 hari sekali.

Cara Membuat  Black Garlic Fermentasi

Selain menggunakan rice cooker, Anda juga menggunakan cara fermentasi. Untuk menggunakan cara ini, Anda hanya perlu menyiapkan mangkuk stainless, kertas aluminium foil dan juga oven. Berikut beberapa langkah yang harus Anda lakukan, diantaranya:

  1. Masukkan bawang putih yang sudah disiapkan ke dalam mangkuk stainless dan menutupnya dengan menggunakan kertas aluminium foil.
  2. Setelah itu letakkan mangkuk tersebut dalam oven dan panggang dengan suhu sekitar 25-30 derajat celcius selama 40-80 hari.
  3. Jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan setiap 4-5 hari sekali untuk mencegah terjadinya perubahan suhu.

Cara membuat Black Garlic Tradisional

Satu lagi cara yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah yaitu dengan menggunakan cara tradisional. Bagi yang tertarik menggunakan cara ini, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa perlengkapan seperti wajan tebal, alas dandang dan bawang putih secukupnya. Untuk langkah-langkahnya sendiri adalah sebagai berikut;

  1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyusun bawang putih di atas alas dandang yang diletakkan di dasar wajan. 
  2. Kemudian tutup wajan, masak kurang lebih sekitar 30-60 menit dengan api yang sangat kecil selama kurang lebih 20 hari. 

Umumnya setelah 10 hari bawang putih sudah berubah menjadi cokelat dan pada hari ke 15 sudah mulai gelap. Pada hari ke 20 bawang yang dimasak dalam wajan tersebut sudah agak hitam, agar matang secara sempurna sebaiknya untuk menunggu sampai hari ke 40.

Demikian beberapa cara membuat black garlic dengan mudah dan bisa Anda terapkan sendiri di rumah. Namun bagi yang tidak memiliki banyak waktu untuk membuatnya sendiri di rumah, tidak perlu khawatir karena Anda bisa membelinya pada kami. Kami menjual beragam pilihan black garlic yang dijamin berkualitas dan terjangkau. Jika Anda tertarik langsung saja pesan black garlic pada kami. Untuk informasi lebih lanjut tentang kami bisa langsung mengunjungi link www.bahiko.com ini. Semoga bermanfaat!


Order Sekarang Juga - Premium Black Garlic

No comments :

Post a Comment