Kandungan Nutrisi Bawang Hitam dan Efek Sampingnya

Pages

Kandungan Nutrisi Bawang Hitam dan Efek Sampingnya

Kandungan nutrisi bawang hitam sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, kulit dan wajah. Bawang hitam adalah bawang putih yang difermentasikan dengan melalui pengontrolan suhu dan kelembaban yang sesuai selama satu hingga dua bulan.

Bawang hitam

Hasil dari fermentasi tersebut akan menghasilkan bawang yang berwarna hitam dengan tekstur yang lebih kenyal dan bau sengir yang sedikit berkurang. kemudian kandungan dan nutrisi apa sajakah yang ada didalam bawang hitam tersebut?

Kandungan Nutrisi bawang hitam

Kandungan nutrisi bawang hitam ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kandungan yang ada dalam bawang putih hanya saja jumlahnya yang berbeda. Dalam dua sendok bawang hitam mengandung sekitar 4g karbohidrat, 40 kalori, 2g lemak, 1g protein, 1g serat, 160 natrium, 2,2 mg vitamin C dan 2o mg kalsium.

Dalam bawang putih mengandung zat aktif yang biasa dikenal dengan allicin yaitu zat yang bermanfaat bagi kesehatan. sementara itu, bawang hitam mengandung beberapa zat tambahan yaitu SAC yang membantu penyerapan allicin yang mempercepat kinerja menjadi lebih efektif.

Manfaat bawang hitam bagi kesehatan

Perlindungan terhadap infeksi

Bawang hitam dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi karena menambah kekebalan tubuh untuk melawan kuman dan bakteri penyebab penyakit. Caranya adalah dengan menstimulasi sel darah putih karena bawang hitam juga dipercaya memiliki sifat anti-mikroba, anti jamur dan antibiotik.

Kaya antioksidan

Bawang hitam sangat kaya antioksidan bahkan dua kali lipat dibandingkan dengan kandungan dalam bawang putih. Seperti yang kita ketahui, antioksidan berfungsi untuk melawan stres oksidatif yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel. 

Membantu mengurangi kadar homosistein

Secara khusus, bawang hitam dapat membantu dalam mengurangi kadar homosistein. Kadar tersebut dapat berpotensi untuk merusak pembuluh darah serta membantu pembentukan plak kolesterol dalam aliran darah.

Menjaga tekanan dan pembekuan darah

Bawang hitam mengandung senyawa sulfur yang dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap sehat dan normal. Selain itu, bawang hitam juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol agar tetap dalam batas normal. Semua fungsi tersebut juga membantu kesehatan jantung agar tetap sehat.

Menjaga kadar gula darah

Selain menjaga tekanan darah, bawang hitam juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap normal dengan meningkatkan hormon insulin. Hormon tersebut akan membantu sel-sel dalam tubuh untuk menyerap gula dari peredaran darah. Bersamaan dengan sifat antioksidannya dapat membantu memberikan perlindungan terhadap diabetes melitus.

Efek samping bawang hitam

Selain memiliki segudang manfaat, bawang hitam tentunya juga memiliki efek samping ketika dikonsumsi oleh penderita tertentu. Beberapa efek samping yang terjadi adalah keluhan pada masalah pencernaan seperti mual, diare, kembung, dan panas pada perut. Selain itu, efek samping lainnya adalah bau badan saat bawang hitam dikonsumsi dalam jumlah yang besar.

Menurut beberapa pengguna, bawang hitam juga dapat menimbulkan alergi setelah mengkonsumsi bawang hitam ini. beberapa reaksi yang muncul diantaranya adalah asma, dermatitis, dan hidung meler. Jika setelah mengkonsumsi anda merasakan gejala tersebut, sebaiknya anda menghentikan mengkonsumsi bawang hitam.

Terlepas dari berbagai efek samping yang diberikan, bawang hitam masih banyak dicari untuk dimanfaatkan berbagai manfaatnya. Jika anda sedang mencari  bawang hitam tersebut, kami merupakan penyedia bawang hitam dengan kualitas terjamin. Bawang hitam yang kami sediakan memiliki tekstur lebih kenyal dan lembut seperti tekstur agar-agar.

Kandungan nutrisi bawang hitam dan manfaatnya sangat beragam sehingga kami menyediakan bawang hitam yang bisa anda konsumsi. Untuk mendapatkannya kami juga memberikan cara yang mudah yaitu dengan menggunakan berbagai media online. Dengan begitu, anda hanya perlu menghubungi kami melalui media sosial kami, atau menghubungi melalui nomor telepon yang telah kami sediakan.


Order Sekarang Juga - Premium Black Garlic

No comments :

Post a Comment