Cara Pembuatan Bawang Hitam

Pages

Cara Pembuatan Bawang Hitam


Pembuatan bawang hitam dilakukan pada suhu tertentu selama kurang lebih 1 bulan. Kimura et al. (2017) menyebutkan bahwa proses pemeraman bawang tergantung dengan suhu, semakin tinggi suhu pemeraman maka proses tersebut semakin cepat.

Pemeraman yang dilakukan pada suhu 70⁰C memiliki waktu 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan suhu pemeraman 60⁰C.

Berdasarkan penilaian sensori, suhu pemeraman antara 70⁰C dan 80⁰C menghasilkan kualitas bawang hitam yang lebih baik, serta menghasilkan warna hitam yang cenderung lebih homogen.

Meskipun bawang hitam dapat diproduksi lebih cepat pada suhu 90⁰C, akan tetapi kualitas yang dihasilkan kurang maksimal, seperti rasa cenderung pahit dan asam. Sedangkan apabila diproduksi pada suhu 60⁰C, warna dari bawang belum menghitam secara sempurna, sehingga suhu 60⁰C bukan merupakan suhu ideal untuk membuat bawang hitam.

Proses maillard bawang hitam

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa suhu ideal yang dapat dipertimbangkan untuk membuat bawang hitam adalah 70⁰C.

Penentuan kualitas bawang hitam

Akan tetapi, kualitas dari bawang hitam tidak hanya ditentukan oleh suhu, melainkan terdapat beberapa faktor lain yang turut berperan serta seperti kelembapan (Kimura et al., 2017).

Secara sederhana bawang hitam dapat dibuat sendiri menggunakan alat rumah tangga yang ada di rumah seperti oven atau rice cooker. 

Referensi artikel
  • Kimura S, Tung YC, Pan MH, Su NW, Lai YJ, Cheng KC. 2017. Black garlic: A critical review of its production, bioactivity, and application. J Food Drug Anal, 25(1):62-70.

Kami menjual produk bawang hitam kualitas terbaik yang akan memberikan manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Nah tunggu apalagi segera dapatkan manfaat bawang hitam dengan membeli produk terbaiknya bersama kami. Hubungi kami untuk pemesanan lebih lanjut atau kunjungi www.bahiko.com.


Order Sekarang Juga - Premium Black Garlic

No comments :

Post a Comment