Cara Membuat Bawang Hitam

Pages

Cara Membuat Bawang Hitam

Cara membuat bawang hitam ternyata bisa dikatakan cukup mudah namun membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang luar biasa. Bawang hitam adalah produk proses fermentasi yang berlangsung selama 30 hari di lingkungan yang terkendali dalam suhu antara 140 hingga 170 derajat Fahrenheit.

Setelah 30 hari, bawang putih yang difermentasi pergi ke ruang bersih untuk dioksidasi selama 45 hari. Proses ini menyebabkan gula dan asam amino di dalam bawang putih bereaksi yang menghasilkan pigmentasi hitam dan tekstur lunak seperti marshmallow.

Bawang hitam

Untuk Anda yang kesulitan mencari bahan bawang hitam, maka Anda bisa membuatnya sendiri. Bagaimanakah caranya?

6 Cara Membuat Bawang Hitam

Bawang hitam telah digunakan lama sekali baik sebagai pengobatan atau untuk bumbu dalam berbagai masakan Asia selama berabad-abad. Bawang hitam secara sederhana, merupakan produk dari penuaan umbi bawang putih biasa selama beberapa minggu atau bulan. Fermentasi ini membutuhkan suhu dan kelembaban yang diatur secara ketat untuk mencapai konsistensi lengket.

Dengan rasa yang lebih lembut, seperti molase, bawang hitam merupakan pilihan yang lebih lembut. Bawang hitam memiliki manfaat kesehatan tambahan, termasuk mengandung antioksidan dua kali lipat daripada dalam bentuk bawang putih biasa. Apa bagian terbaiknya? Bawang hitam ini lebih serbaguna dan sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Jika Anda sering membuat bawang hitam, membeli kotak fermentasi bisa menjadi investasi yang bagus. Namun, pendekatan terbaik tanpa peralatan dapur tambahan adalah umur lampu Anda dalam slow cooker atau penanak nasi. Prosesnya mudah tetapi butuh kesabaran untuk mencapai hasil yang super bagus.

Berikut adalah cara membuat bawang hitam :

  1. Kumpulkan bahan-bahannya.
  2. Bersihkan kotoran dari umbi bawang putih dengan menggosok umbi dengan lembut. Jangan lepaskan cengkeh dari umbi dan jangan mencuci atau membasahi umbi karena ini akan mengganggu proses penuaan.
  3. Atur slow cooker atau penanak nasi Anda menjadi hangat (bukan rendah). Pengaturan suhu yang hangat memberikan suhu dan kelembaban yang tepat untuk fermentase tanpa memasak. Harap dicatat meskipun bawang putih tidak dimasak, akan ada bau bawang putih yang kuat di seluruh proses.
  4. Masukkan umbi bawang putih yang belum dikupas ke dalam kompor. Jangan memadati umbi. Sisakan ruang yang cukup di antara umbi agar tidak tersentuh.
  5. Biarkan umbi tidak terganggu pada pengaturan "hangat" sampai siung lunak dan hitam (2 sampai 3 minggu). Periksa slow cooker sesekali untuk memastikan bahwa pengaturan masih menyala "hangat" bukan "rendah" dan itu belum dimatikan.
  6. Saat siap, simpan bawang hitam utuh dalam wadah kedap udara hingga 3 bulan kemudian peras cengkeh, sesuai kebutuhan.

Bawang hitam memberi rasa yang enak saat ditambahkan ke masakan. Anda bisa menggunakannya dalam saus untuk mengiris sayuran atau daging panggang. Anda bahkan dapat menggunakannya untuk meresapi minyak dan menggunakannya dengan crostinis atau menggunakannya sebagai minyak salad. 

Manfaat Bawang Hitam untuk Kesehatan 

Berikut adalah manfaat dari bawang hitam untuk kesehatan :

1. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh.
Bawang hitam secara umum, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia berkat sifat antivirus, antijamur, antibakteri dan antiparasit daripada melawan kuman.
2. Sembuhkan Hati dari Kerusakan Alkohol.
Jika Anda menderita penyakit hati, berbahagialah karena bawang hitam dapat mengurangi peradangan dan mungkin membalikkan kerusakan yang disebabkan oleh alkohol di hati.
3. Tingkat Antioksidan Tinggi

Dalam sebuah studi tahun 2009 menunjukkan bahwa bawang hitam memiliki lebih banyak antioksidan daripada bawang putih putih. Kandungan antioksidan dalam bawang ini mampu melindungi sel dari kerusakan dan menunda tanda-tanda penuaan.

Jika Anda kebingungan mencari bawang hitam dan malas untuk membuatnya sendiri di rumah, Anda bisa memesannya www.bahiko.com yang menyediakan bawang hitam kualitas super premium.


Order Sekarang Juga - Premium Black Garlic

No comments :

Post a Comment